Friday, December 11, 2009

About WEB.20


1. Perbedaan Karakteristik WEB 1.0 dan WEB 2.0

Web 1.0 was about reading, Web 2.0 is about writing
Web 1.0 was about companies, Web 2.0 is about communities
Web 1.0 was about client-server, Web 2.0 is about peer to peer
Web 1.0 was about HTML, Web 2.0 is about XML
Web 1.0 was about home pages, Web 2.0 is about blogs
Web 1.0 was about portals, Web 2.0 is about RSS
Web 1.0 was about taxonomy, Web 2.0 is about tags
Web 1.0 was about wires, Web 2.0 is about wireless
Web 1.0 was about owning, Web 2.0 is about sharing
Web 1.0 was about IPOs, Web 2.0 is about trade sales
Web 1.0 was about Netscape, Web 2.0 is about Google
Web 1.0 was about web forms, Web 2.0 is about web applications
Web 1.0 was about screen scraping, Web 2.0 is about APIs
Web 1.0 was about dialup, Web 2.0 is about broadband
Web 1.0 was about hardware costs, Web 2.0 is about bandwidth costs
Web 1.0 was top-down. Web 2.0 is bottom-up.
Web 1.0 was edited and produced. Web 2.0 is raw.
Web 1.0 was banner ads. Web 2.0 is Adsense.
Web 1.0 was text. Web 2.0 is video.
Web 1.0 was professional. Web 2.0 is amature.
Web 1.0 is a static web.Web 2.0 is a social web.
Web 1.0 is page based. Web 2.0 is record based.
Web 1.0 is edited by owner of the website.
Web 2.0 can be edited by any person.

Kunci Perbedaan

Menurut Wikipedia, yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 2.0 dan Web 1.0
adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet
untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di
dalamnya. Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat
konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang
bersangkutan. Selain itu, kemampuan Web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag
and drop, auto complete, chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop,
bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX
atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal tersebut akan merubah
paradigma pengembang sofware dari distribusi produk menjadi distribusi
layanan. Sedangkan karakter lainnya, kolaborasi dan partisipasi pengguna, ikut
membantu memperkuat perbedaan pada Web 2.0.
Suatu website dapat saja memasukkan beberapa bahkan tujuh karakter Web
2.0 di dalam situs yang dibangunnya. Semakin banyak karakter yang masuk ke
dalam website tersebut, suatu situs akan mendekati Web 2.0. Yang terpenting
bukanlah klaim sebagai Web 2.0, namun mampukah dampak perkembangan
tersebut menjembatani pengguna internet dengan kepentingan perusahaan,
komunitas, atau Anda dengan menggunakan Web 2.0

Sebenarnya tidak ada kesepakatan adanya versi dalam aplikasi web, namun untuk memudahkan pembahasan dan menandai munculnya perkembangan teknologi web, banyak praktisi yang memberi label Web 1.0 dan Web 2.0. Perbandingan di bawah ini dibuat dari berbagai sumber agar dapat menjelaskan perbedaan antara Web 1.0 dengan Web 2.0 dengan lebih sistematis.

Perbandingan Web 1.0 Web 2.0
1 Perilaku pengguna Membaca Menulis
2 Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
3 Hubungan dengan server Client-server Peer to peer
4 Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML
5 Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
6 Pengelolaan konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
7 Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
8 Hubungan antar pengakses Tidak ada Berjejaring
9 Sumber konten Penerbit/pemilik situs Pengguna

Perbandingan aplikasi Web 1.0 dengan Web 2.0 digambarkan Chris Wolz (2008) dalam sebuah presentasi seminar tentang Web 2.0 dan Media Sosial. Ia menggambarkan hubungan yang searah, statis, dan saling berdiri sendiri antara pemilik/penerbit situs dengan pembacanya dengan fokus adalah “saya” sebagai pemilik situs dan situs itu sendiri. Dalam aplikasi Web 2.0, terdapat hubungan yang saling berjejaring antara pemilik maupun pembaca, bahkan “Anda” sebagai pembaca adalah fokus.
Chris Wolz, “Web 1.0 vs Web 2.0: It’s All About You”, Presentasi pada Web Executive Seminar: Social Sites for Social Goods, 26 Februari 2008





2. Potensi Positif dan Negatif dari WEB 2.0

Potensi Positif
Web 2.0 website memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari sekedar mengambil informasi. Mereka bisa membangun pada fasilitas interaktif "Web 1.0" untuk menyediakan "Network sebagai platform" komputasi, memungkinkan pengguna untuk menjalankan software-aplikasi keseluruhan melalui browser. Pengguna dapat memiliki data situs Web 2.0 dan menjalankan kontrol atas data itu. situs ini mungkin memiliki "Architecture of partisipasi" yang mendorong pengguna untuk menambah nilai ke aplikasi ketika mereka menggunakannya


Potensi Negatif
Dalam hal Web 2.0 's dampak sosial, kritikus seperti Andrew Keen berpendapat bahwa Web 2.0 telah menciptakan kultus digital narsisme dan amatirisme, yang mengurangi pengertian tentang keahlian dengan memungkinkan siapa pun, di mana saja untuk berbagi - dan menempatkan nilai yang tidak semestinya atas - mereka pendapatnya sendiri tentang topik apa pun dan memposting konten apapun tanpa bakat khusus mereka, knowledgeability, identitasnya, bias atau kemungkinan agenda tersembunyi. Ia menyatakan bahwa asumsi inti Web 2.0, bahwa semua pendapat dan konten yang dibuat pengguna sama-sama berharga dan relevan, adalah keliru dan bukannya "menciptakan yang tak ada habisnya hutan digital biasa-biasa saja: tidak berpengetahuan komentar politik, tidak pantas rumah video, amatir memalukan musik, dibaca puisi, esai dan novel ", juga menyatakan bahwa Wikipedia adalah penuh dengan" kesalahan, setengah kebenaran dan kesalahpahaman ".



3. Penjelasan Istilah

a. Social Media
Social media adalah media yang dirancang untuk disebarkan melalui interaksi sosial, yang dibuat menggunakan scalable sangat mudah diakses dan teknik penerbitan. Media sosial menggunakan internet dan teknologi berbasis web untuk mengubah media penyiaran monolog (satu ke banyak) ke dalam dialog media sosial (banyak ke banyak). Ini mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi, mengubah konten orang dari konsumen ke produsen konten.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "kelompok aplikasi berbasis Internet yang membangun ideologi dan dasar-dasar teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content" . Bisnis juga merujuk kepada media sosial sebagai user-generated content (UGC) atau consumer-generated media (CGM). Pemanfaatan media sosial diyakini menjadi faktor pendorong dalam gagasan bahwa periode saat ini pada waktunya akan didefinisikan sebagai Zaman Perhatian.



Media sosial dapat dikatakan memiliki tiga komponen;

1. Konsep (seni, informasi, atau meme).
2. Media (fisik, elektronik, atau verbal).
3. Sosial antarmuka (intim langsung, keterlibatan masyarakat, virus sosial, elektronik menyiarkan atau sindikasi, atau media fisik lainnya seperti cetak).

Bentuk umum media sosial;

* Konsep, slogan, dan pernyataan dengan retensi memori tinggi quotient, yang merangsang orang lain untuk mengulangi.
* Grass-Roots penyebaran informasi tindakan langsung seperti berbicara di depan umum, instalasi, kinerja, dan demonstrasi.
* Electronic media dengan 'berbagi', sindikasi, atau algoritma pencarian teknologi (termasuk internet dan perangkat mobile).
* Cetak media, dirancang untuk didistribusikan ulang.



b. Tagging
Dalam terminologi sistem komputer online, sebuah tag adalah non-hirarkis istilah kata kunci atau ditugaskan pada sepotong informasi (seperti internet penunjuk, gambar digital, atau file komputer). Jenis metadata membantu menggambarkan suatu item dan membuatnya bisa ditemukan lagi dengan browsing atau pencarian. Tags umumnya dipilih secara informal dan secara pribadi oleh item pencipta atau oleh penampil, tergantung pada sistem.

Tagging dipopulerkan oleh situs web yang terkait dengan Web 2.0 dan merupakan fitur penting dari banyak layanan Web 2.0. Sekarang juga merupakan bagian dari beberapa perangkat lunak desktop.


c. Podcasting
Podcasting ialah salah satu metode untuk mempublikasikan file-file suara di internet, dan mengijinkan user untuk berlangganan dan memperoleh file audio terbaru secara otomatis. Podcasting jelas berbeda dibandingkan pelayanan yang serupa dikarenakan podcasting menggunakan protokol RSS. Teknologi ini membuat banyak produser untuk mempublikasikan sendiri hasil karyanya.

User berlangganan podcast menggunakan aplikasi "podcatching" (disebut juga aplikasi "aggregator") yang secara periodik memantau perubahan dan mengambil isi yang baru. Aplikasi tersebut dapat memadukan isi dengan yang dimiliki oleh user. Podcasting tidak memerlukan iPod, bagaimanapun juga sebuah komputer dengan perangkat lunak yang sesuai, dapat menggunakan podcast.
Podcasting ialah salah satu metode untuk mempublikasikan file-file suara di internet, dan mengijinkan user untuk berlangganan dan memperoleh file audio terbaru secara otomatis. Podcasting jelas berbeda dibandingkan pelayanan yang serupa dikarenakan podcasting menggunakan protokol RSS. Teknologi ini membuat banyak produser untuk mempublikasikan sendiri hasil karyanya.



User berlangganan podcast menggunakan aplikasi "podcatching" (disebut juga aplikasi "aggregator") yang secara periodik memantau perubahan dan mengambil isi yang baru. Aplikasi tersebut dapat memadukan isi dengan yang dimiliki oleh user. Podcasting tidak memerlukan iPod, bagaimanapun juga sebuah komputer dengan perangkat lunak yang sesuai, dapat menggunakan podcast.


d. Wikis
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

Ward Cunningham, pengembang perangkat lunak wiki yang pertama, WikiWikiWeb, mulanya mendeskripsikan wiki sebagai "basis data terhubung paling sederhana yang memiliki peluang untuk bekerja."[1]
Bus "Wiki Wiki" di Bandar Udara Internasional Honolulu.

Wiki (dengan huruf besar 'W') dan WikiWikiWeb kadang digunakan untuk merujuk kepada Portland Pattern Repository, wiki yang paling pertama diciptakan. Pendukung penggunaan ini mengusulkan penggunaan huruf kecil 'w' untuk membedakan istilah generik yang sedang dibicarakan di sini. Wiki wiki berasal dari istilah bahasa Hawaii untuk "cepat" atau "super-cepat"[2]

Kadang istilah wikiwiki atau WikiWiki digunakan daripada wiki. Istilah-istilah ini dapat digunakan secara berganti-ganti meskipun perbedaan pandangan mengenai kapitalisasi juga dapat diterapkan dalam cara yang mirip.

Wikipedia merupakan aplikasi yang berbasiskan wiki.


4. Apa itu "NETIQUETTE"
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

Beberapa contoh aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:

1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:

a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.


Aplikasi etis komunikasi virtual banyak menggunakan beberapa pedoman etika dalam penggunannya, namaun etika yang paling populer digunakan adalah etika keluaran Florida University Amerika (FAU) dan seorang netters Verginia Shea. Pada versi FAU beberpa etika yang dikemukakan adalah sebagai berikut :
a. Internet tidak digunakan sebagai sarana kejahatan bagi orang lain, artinya pemanfaatan internet semestinya tidak untuk merugikan orang lain baik secara materiil maupun moril


b. Internet tidak digunakan sebagai sarana mengganggu kinerja orang lain yang bekerja menggunakan komputer. Contoh riil adalah penyebaran virus melalui internet.
c. Internet tidak digunakan sebagai sarana menyerobot atau mencuri file orang lain
d. Internet tidak digunakan untuk mencuri, contoh pengacakan kartu kredit dan pembobolan kartu kredit.
e. Internet tidak digunakan sebagai sarana kesaksian palsu
f. Internet tidak digunakan untuk mengcopy software tannpa adanya pembayaran
g. Internet tidak digunakan sebagai sarana mengambil sumber – sumber penting tanpa adanya ijin atau mengikuti aturan yang berlaku.
h. Internet tidak digunakan untuk mengakui hak intelektual orang lain
i. Bertanggung jawab terhadap isis pesan yang disampaikan
j. Menggunakan internet untuk keperluan berarti serta saling menghormati antar pengguna internet (www.fau.edu/netiquette)

10 etika ini disebut sebagai “the ten commandements for computer ethics” atau sepuluh perintah etika menggunakan komputer.

Versi lain yang juga menjadi rujukan etika komunikasi virtual adalah netiket yang disampaikan oleh Virgina Shea.
Isi etika tersebut terdiri dari 10 pedoman pula yaitu :
a. Lawan bicara dalam internet adalah manusia, sehingga penempatan diri secara empati perlu dilakukan dalam komunikasi virtual.
b. Gunakan standard perilaku yang sama dalam kehidupan dan komunikasi alam nyata
c. Mampu menempatakan diri dalam dunia maya dengan cara mengenali dahulu anggota komunitas yang online pada jalur tersebut
d. Menghormati secara sesama user juga penggunaan bandwith yang tersedia
e. Berkepribadian yang enak dan harmonis dalam penyusunan kata pesan yang dipampangkan agar lebih memudahkan dalam pemaknaan pesan
f. Membagi semua pengalaman yang ada
g. Mengatasi emosi yang terjadi dalam komunikasi virtual
h. Menghormati hak privacy orang lain
i. Penonjolan karakter adalah sesuatu yang tidak etis dalam proses komunikasi
j. Memberi maaf pada kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.




referensi

http://jeannylicious.blogspot.com/2008/10/teknologi-web.html
http://www.deptan.go.id/pusdatin/admin/RB/Internet/web20.pdf

http://www.newmedia.web.id/2008/09/perbandingan-aplikasi-web-10-dengan-web-20/ http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0#Characteristics http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0#Criticism http://en.wikipedia.org/wiki/Social_media http://en.wikipedia.org/wiki/Tag_%28metadata%29
http://id.wikipedia.org/wiki/Wiki
http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette http://id.wikipedia.org/wiki/Podcasting http://selvia-etpro.blogspot.com/2008/12/netiquette-versi-fau-dan-virginia-shea.html

1 komentar:

Blogger on Monday, February 13, 2017 at 2:23:00 PM GMT+7 said...

Using AVG security for a couple of years now, and I'd recommend this solution to all you.

Post a Comment

Webmaster Forum

Categories

Action (6) add-ons (2) Adventure (3) Advertising (3) affiliate programs (2) algoritma dan pemrograman 1 (4) algoritma dan pemrograman 2 (3) Aljabar Linier Matriks (2) aplikasi (12) array (2) Basis Data (3) basis data. programming project (1) berita (1) browser (3) bug (1) buku tamu (1) Business (2) c++ (1) CERITA LUCU (3) clone (1) cms (9) Comedy (1) commedy (1) Computers (3) corel draw (1) Database (3) desktop (1) domain (1) Drama (3) Dreamweaver (3) driver (1) E-book (43) E-book Adsense (2) e-book hacking (4) E-book Humor (1) E-book Islam (1) E-book Jaringan Komputer (1) E-book Kesehatan (1) E-book Komputer (23) E-Book Pekerjaan (2) e-book photoshop (4) Entertainment (1) etika (1) exploit (5) facebook (5) Fantasy (2) firefox (2) Forum (1) gambar (1) Games (2) gitar (1) grafis (1) Hack (1) hacking (15) hacking joomla (2) Hacking Wordpress (3) HANDPHONE (12) hollywood (7) hosting (3) HUMOR (3) indonesia (1) internet (46) iseng (3) Islam (1) jaringan (2) java games (1) kata mutiara (1) Komputer (8) Komputer. open source (1) lan (1) Linux (4) majalah (1) Marketing (2) materi kuliah (15) Media (1) Money (2) movie (7) Mp3 (2) music (1) MySql (2) Mystery (1) networking (2) Open Source (13) Oracle (1) pemrograman non prosedural (3) pemrograman shell (1) Pengantar Teknologi Informasi (2) pengertian (1) photo design (1) photoshop (4) PHP (2) problem solving (1) Products (3) Programming (3) prolog (3) sahabat (1) Sci-Fi (3) script (4) Search Engine Optimization (5) security (7) SEKOLAH (1) seo (3) Services (3) seven (1) Shopping (1) sistem operasi (2) situs ngetop (2) SMS (3) SNMPTN (1) SOFTWARE (33) spam (1) SQL (1) streaming (1) Super Heroes (1) tampilan (1) Thriller (3) tips (1) Tips dan Trik (74) Trik Windows XP (15) Tutorial blog (18) tutorial drupal (2) tutorial html (2) Tutorial Joomla (14) tutorial moodle (1) tutorial wordpress (9) TV (1) ubuntu (13) UII (1) wall (1) wap (1) Web Design (33) web programming (2) webcam (1) Webdesign (1) youtube (1)
 
FREE AND HAPPY ALWAYS Copyright © 2009-2010 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template

PUTRA OKU TIMUR BLOG FRIENDS
Reviews Music Indie Oku Timur||Campang Tiga||Ato||Daryanto||Tax||Shasya||Dewi||Fajar||Hendrie||Ria Imut||My Own Gallery||Penulis Mania||Saung Web||Ipan||Goceng Blog||Guntur Setyo||Mundo Belitang||Edwar||Teknologi||seo||eno||oob||Black Warrior||Wardi Sukoharjo||Chef Krendo||Maranai||prost||Traveller||Mas Muji||Pambudi||Pandu||Kabar Maya||Lie||Harnet||rayapost||juandry||fianmuse||inipulsaku||Tips dan Trik Blogging||Hidup Sehat||sastrafresh||Martapura Blogger||Salsa Kids||
Nofasonic WeblogPhotobucketBlog Directory Cara Membuat Blog EBOOK GRATISBlog Ratings'WavyKomunitas Blogger WongKito